Friday, February 20, 2015

Deep Web, Apa Itu? Penjelasan

Ilustrasi Deep Web
Ilustrasi Deep Web, securityaffairs.co

Pendahuluan

Deep Web adalah bagian 'gelap' dari Internet. Disebut 'gelap' karena tidak banyak orang mengetahui keberadaan bagian ini.

Segala konten terindeks oleh mesin pencari standar seperti Yahoo dan Google hanyalah sebagian kecil daripada Internet sebenarnya. Jika dapat dibayangkan, ini adalah fenomena gunung es, di mana tampak di permukaan hanyalah sebagian kecil jika dibandingkan dengan apa yang ada di bawah permukaan.

Ilustrasi, deepweb.es
Diperkirakan Deep Web mencakup 95% dari keseluruhan dari Internet. Jadi, kita selama ini hanya mengakses 5% dari seluruh Internet.

Web crawler dari mesin pencari standar mencoba mengikuti hyperlink melalui protokol nomor port yang diketahui, misal port 80. Teknik ini ideal untuk menemukan berbagai konten pada situs-situs yang ada dipermukaan, tapi tidak efektif untuk mencari konten situs dalam (Deep Web). 

Crawler milik mesin pencari ini tidak akan mencoba mencari halaman dinamis yang dihasilkan dari query database karena banyaknya kemungkinan query yang mungkin dapat dilakukan. 

Contoh realnya mungkin seperti pada situs http://www.webpagetest.org/, ketika kita melakukan test pada suatu situs dan hasil test tersebut tersimpan dalam history, kita tidak akan bisa menemukan halaman hasil dari generate situs tersebut dalam mesin pencari, meskipun kita bisa mengaksesnya melalui history dan link yang tersedia.

Isi dari Deep Web

Deep Web kebanyakan berisi tentang hal-hal yang kurang pantas diakses. Tidak perlu saya jelaskan secara gamblang di sini.

Cara Akses

Deep Web dapat diakses menggunakan software-software tertentu.

Silahkan di-googling sendiri bagaimana cara mengakses Deep Web ini :D

1 comment:

  1. berapa lama min untuk akses ini dari awal dengan koneksi internet lancar? Cara Membuat Website Gratis

    ReplyDelete