Monday, June 17, 2013

[Test][ShortReview]SphinuxOS


Halo semua, lama tak posting, sedang sibuk kuliah dan beberapa aktifitas yang lain :D
Tentu kita sudah tau apa itu Linux bukan? jika belum, silahkan baca post ini dan ini terlebih dulu.


Sphinux OS ini berasal dari Mesir, pantesan logonya sphinx
Menurut situs resminya, Sphinux ini diklaim bisa bekerja beberapa kali lebih cepat dari kernel linux normal. Kernel sistem ini menggunakan kernel LSX, yaitu kernel linux yang sudah dimodifikasi dengan GNUMach.
Sphinux ini menggunakan KDE sebagai DE utamanya. Meskipun demikian, OS ini bisa berjalan pada komputer dengan CPU minimal 333 MHz dengan RAM 256 MB.

Untuk seluruh software dari Sphinux ini sendiri, saya belum bisa memberikan review terlalu mendetail, karena pada saat percobaan pada mode live CD, saya menemui sedikit kendala, yaitu : prosesor laptop saya sepertinya tidak dikendalikan LSX dengan benar, hal yang sama terjadi ketika saya mencoba meng-compile kernel dari source dari kernel.org. CPU laptop saya hanya bisa berjalan pada frekuensi 800MHz, padahal normalnya  1600MHz, untuk percobaan self-compiled kernel di komputer lain normal-normal saja, namun belum saya coba di komputer saya yang lain karena harddisknya sudah hampir penuh dan ruang penyimpanan saya sudah semakin menipis dan CD rom saya sepertinya agak kurang bersahabat dan belum support boot via USB, PC tua, hihi *curhat dikit.

Berikut percobaan saya menggunakan Sphinux OS Live Mode di laptop :

Mungkin teman-teman ingin memberikan tambahan review atau membantu saya menyelesaikan masalah 'nyantol'nya kernel di 800MHz? Silahkan post di komentar, nanti saya tambahkan di tulisan :D

Semoga bermanfaat

Situs resmi : http://sourceforge.net/p/sphinux/wiki/Home/

0 komentar:

Post a Comment