Saturday, February 14, 2015

3 Smartphone Android One Diluncurkan di Indonesia, Mana yang Terbaik ?

Logo Android One
Sumber : android.com/one

Tentang Android One

Android One adalah sebuah standar yang dibuat oleh Google untuk Sistem Androidnya. Smartphone yang menjalankan Android One tidak terlalu banyak mengalami modifikasi seperti yang dilakukan oleh vendornya pada Smartphone yang lain. Sistem operasi ini akan mendapatkan update resmi dari Google selama kurang lebih 2 tahun. Saat ini Google memilih chipset yang dibuat Mediatek, yaitu MT6582. Prosesor yang digunakan adalah prosesor berarsitektur ARM Cortex A7 Quadcore, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sistem operasi dan kebutuhan aplikasi yang dijalankan oleh pengguna.

Android One menawarkan pengalaman smartphone dengan sistem operasi berkualitas tinggi, seperti pada device Nexus misalnya Google Nexus 6 (Motorola Nexus 6), karena pengembangan sistem operasinya langsung dari Google, bukan vendor. Vendor hanya bertugas menyediakan hardware, Google sendiri yang memberikan software sekaligus jaminan update-nya.

Bisa dikatakan juga, Android One adalah versi mini dari Nexus yang menargetkan pengguna awal Smartphone berbasis Android yang murah.

3 Smartphone Android One Diluncurkan

Evercoss One X, Nexian Journey One, Mito Impact A10
Evercoss One X, Nexian Journey One, Mito Impact A10

Di Indonesia sendiri, terdapat 3 vendor smartphone yang ditunjuk langsung oleh Google 'menggarap' Android One, yaitu : Evercoss, Mito, dan Nexian. Masing-masing produknya adalah : Evercoss One X, Mito Impact A10 dan Nexian Journey One. Sebelumnya kita telah mengenal Smartphone Android One yang sudah terlebih dahulu diluncurkan di India, yaitu : Karbonn Sparkle V, Micromax Canvas A1, dan Spice Dream UNO.

Spesifikasi umum yang ditawarkan ketiga smartphone tersebut tidak jauh berbeda satu sama lain, yaitu :
  • Layar 4.5" FWVGA, 480x854 pixels
  • Processor Quad-Core Cortex A7 1.3 GHz
  • Chipset Mediatek MT6582
  • 2G : EDGE | 3G : HSPA 21/5.76 Mbps
  • 1GB RAM
  • Storage 8 GB (Max external 32 GB)
  • Dual micro SIM
  • Kamera belakang 5 MP & kamera depan 2 MP
  • Baterai lithium-ion. 1700mAh
  • Android™ Lollipop (mendapat update terbaru dari google)
Yang membuat ketiganya berbeda adalah sisi desain fisik dan warna casing-nya.

Untuk varian warna casing yang ditawarkan adalah putih dan hitam untuk Evercoss One X dan Mito Impact A10, sedangkan Nexian Journey One memiliki tiga varian warna yang dapat dipilih, yaitu putih, hitam dan merah.

Harga ketiga smartphone ini berkisar antara Rp. 1 juta, dan sampai saat artikel ini ditulis, ketiganya masih dijual secara pre-order melalui beberapa situs online seperti Lazada. Mungkin dalam beberapa minggu lagi, Smartphone Android One ini dapat dibeli di toko-toko retail langganan anda.

Bagaimana menurut pandangan anda? Kira-kira smartphone manakah dari ketiganya yang terbaik?

<eof>
Alfiyan

1 comment:

  1. setelah saya baca saya merasa mendapatkan ilmu baru
    dari artikel ini Artikel ini menarik untuk saya,
    Trimakasih telah berbagi artikel di website

    kalo sempat mampir ke Toko saya
    Pusat Sepatu Bagus

    ReplyDelete