Saturday, February 21, 2015

MEMEX, Deep Web Search Engine

Memex
MEMEX Search Engine, thehackernews.com

Beberapa waktu lalu, DARPA (Defense Advance Research Projects Agency) mengumumkan proyek terbarunya, yaitu sebuah search engine dengan kemampuan untuk mencari halaman situs tidak terindeks pada Google Search.

Halaman-halaman tidak terindeks di Google ini disebut sebagai Deep Web. Deep Web sendiri adalah bagian dari Internet yang tidak terindeks oleh mesin pencari standar seperti Google atau Yahoo. Untuk lebih jelasnya, sudah saya buat post tersendiri tentang Deep Web.


Seperti yang sudah dijelaskan pada post yang lain. Segala yang terindeks oleh mesin pencari standar seperti Yahoo dan Google hanyalah sebagian kecil daripada Internet sebenarnya. Jika dapat dibayangkan ini adalah fenomena gunung es, di mana yang tampak di permukaan hanyalah sebagian kecil jika dibandingkan dengan apa yang ada di bawah permukaan.

Ilustrasi, deepweb.es

Seperti yang dilansir oleh detik.com, MEMEX sendiri adalah akronim dari Memory Index. MEMEX search engine dibuat dengan tujuan memerangi tindak kriminal, seperti peredaran narkoba atau perdagangan manusia yang terjadi pada Deep Web.

Penemu MEMEX, Chris White menjelaskan bagaimana mesin pencari Deep Web ini bekerja, dan bagaimana hal ini dapat merevolusi investigasi penegakan hukum.
Yang dilansir oleh thehackernews :
"The internet is much, much bigger than people think," White said. "By some estimates Google, Microsoft Bing, and Yahoo only give us access to around 5% of the content on the Web." That leaves a lot of room for bad actors to operate freely in the shadows.
Terjemahan Bahasa Indonesianya kurang lebih :
"Internet adalah jauh-jauh lebih besar daripada apa yang orang-orang pikirkan. Menurut beberapa perkiraan : Google, Bing dan Yahoo hanya memberi kita akses sekitar 5% dari seluruh konten yang ada pada web. Hal tersebut meberikan banyak sekali ruang untuk orang jahat bergerak leluasa dalam bayangan".
Berikut adalah video demonstrasi yang dibuat oleh Chris White :


Saat ini MEMEX sedang menjalani test beta.

Selain kemampuannya untuk membantu proses hukum, DARPA menjelaskan bahwa mesin ini akan sangat bermanfaat untuk membantu pemerintahan, militer untuk mengorganisasikan informasi di internet (kompas.com).

1 comment:

  1. Domain memex apa yaa gan ??

    Kunbalnya dong.. <a href='http://blogpress-tema.blogspot.com> Tema wordpress Premium gratis

    ReplyDelete