Thursday, February 19, 2015

Penggunaan Devilspie untuk Terminal Transparan

Devilspie pada Linux Mint 13 Maya
Devilspie pada Linux Mint 13 Maya (dokumentasi pribadi)
Ketika tiap hari bermain-main dengan OS berbasis Linux, hambar rasanya jika tidak mempercantik desktop yang digunakan,

Pembahasan ini hanya berlaku bagi pengguna GUI (berjalan di atas X), untuk pengguna CLI nanti kita akan bahas bagaimana mempercantik mode CLI.

Pada desktop Linux berbasis GUI, layar utama setelah login pada distro-distro Linux populer biasanya hanya berupa sebuah panel dan wallpaper, tergantung distro dan Desktop Environment pilihan anda.

Saya sendiri menggunakan Linux Mint 13 Maya. Kenapa saya masih menggunakan Maya? Padahal ketika artikel ini ditulis sudah ada Linux Mint 17.1 Rebecca. Karena pada waktu instalasi dulu, Linux Mint yang di-support atau didukung untuk waktu lama (istilahnya : LTS - Long Term Support) adalah Linux Mint 13 Maya. Linux Mint 13 Maya ini menggunakan Cinnamon sebagai Desktop Environment-nya.

Devilspie

Devilspie adalah software pembahasan kita, tetapi apa devilspie itu?
Devilspie is a non-gui utility that lets you make applications start in specified workplaces, in specified sizes and placements, minimized or maximized and much more based on simple config files. https://help.ubuntu.com/community/Devilspie (Ubuntu community help)

Jadi intinya, devilspie adalah software utility yang memungkinkan aplikasi dapat berjalan dengan spesifikasi tampilan yang ditentukan oleh penggunanya. Devilspie ini diatur melalui sebuah config file atau file konfigurasi.

Penggunaan Pada Terminal

Seorang Linuxer pasti familiar dengan terminal, kalau belum familiar coba difamiliarkan. Menurut saya, ini adalah wajib hukumnya (seorang pengguna OS berbasis Linux menguasai command pada terminal). :D

Terminal dapat berjalan otomatis ketika startup dengan cara menambahkan entry pada "Startup Applications". Namun menurut saya masih kurang 'greget', kenapa tidak ditempelkan saja ke wallpaper?

Di sinilah devilspie digunakan untuk membuat hal tersebut menjadi mungkin.

Download dan Instalasi

Software ini sudah ada pada repository bawaan Linux Mint dan Ubuntu serta variannya. Dapat langsung di-install dengan menggunakan apt-get atau synaptic.

sudo apt-get update
sudo apt-get install devilspie

'Tempel' Terminal pada Desktop

Langkah berikutnya adalah menempelkan terminal yang kita miliki sehingga seolah-olah menyatu dengan wallpaper komputer kita.

Setelah instalasi devilspie, pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat sebuah devilspie config file atau file konfigurasi devilspie pada direktori home kita, tepatnya pada ~/.devilspie/.

Isi direktori konfigurasi ini akan di-load isinya ketika devilspie dijalankan. Saya menyimpan konfigurasi untuk 'terminal tempel' ini pada ~/.devilspie/trans.ds.

Berikut ini adalah listing dari config file devilspie milik saya (trans.ds) :
(if
(matches (window_name) "trans-console")
(begin
(set_workspace 1)
(below)
(undecorate)
(skip_pager)
(skip_tasklist)
(wintype "desktop")
(geometry "600x400+400+134")
)
)

Penjelasan : Devilspie akan menangkap dan mengambil alih window yang memiliki nama "trans-console" untuk disesuaikan tampilannya sesuai dengan konfigurasi yang sudah dibuat. Silahkan coba bereksperimen dengan kode tersebut.

Untuk membuat supaya terminal memiliki nama window "trans-console", dapat dilakukan dengan cara mengubah pengaturan pada terminal anda.

Jalankan terminal anda, misalnya saya menggunakan gnome-terminal. Tentu saja bukan terminal bis atau terminal bandara, apalagi terminal listrik.


Pengaturan terminal
Pengaturan terminal (dokumentasi pribadi)

Klik Menu Edit > Profiles, buat profile baru dengan nama "trans", kemudian edit. Pada tab Title and Command, atur Initial Title : "trans-console"; When terminal set their own titles : Keep initial title.
Pada tab Scrolling, Scrollbar is : disabled.

Terminal sudah siap untuk menempel di kertas dinding (wall paper). kayak cicak 

Berikutnya, coba jalankan devilspie dan terminal yang kita konfigurasi tadi secara berurutan. Untuk melakukannya, buat sebuah file script baru misalnya ~/rundevil.sh yang berisi :

#!/bin/bash
devilspie -a & gnome-terminal --window-with-profile=trans

Berikan permission executable untuk file tersebut :
$ chmod +x ~/rundevil.sh

Kemudian coba jalankan file tersebut dengan perintah :
$ ~/rundevil.sh

Seharusnya sekarang terminal anda sudah 'menempel' di dinding diam-diam merayap.

Untuk membuatnya berjalan pada saat startup, masukkan file tersebut pada menu Startup Applications.
Entry Startup Applications
Entry Startup Applications (dokumentasi pribadi)


Selamat mencoba, jika bingung silahkan bertanya pada kolom komentar :D

<eof>
Alfiyan

0 komentar:

Post a Comment