Thursday, February 19, 2015

Belajar Konsep Pemrograman, Bagian 3 : Pengantar Pemrograman C

Pendahuluan

Sekarang kita masuk ke dalam materi ketiga dari seri konsep pemrograman, yaitu tentang Pengantar Pemrograman C, sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengantar GCC.

Dennis Ritchie adalah pencipta pemrograman C, bahasa ini dikembangan dari bahasa B. Bahasa pemrograman C pertama kali berjalan pada sistem operasi UNIX. UNIX sendiri kemudian ditulis ulang menggunakan bahasa pemrograman C, dan pada akhirnya menjadi standar seluruh aplikasi berjalan di atas platform UNIX.

Proses Kompilasi dan Linking

Setiap file executable adalah sebuah kompilasi dari source code. Sama halnya dengan source code bahasa C, source code ini ditulis dengan bahasa yang bisa dipahami kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Istilah penerjemahan ini disebut dengan kompilasi.

Pada materi sebelumnya, kita sudah membahas tentang bagaimana perintah untuk melakukan kompilasi. Sekarang kita akan membahas bagaimana proses kompilasi itu berjalan. Lebih jelasnya silahkan perhatikan diagram berikut.
Diagram proses kompilasi pemrograman C

Struktur Program Bahasa C

Bahasa pemrograman C terdiri dari beberapa blok fungsi. Minimal dalam sebuah program terdapat sebuah fungsi utama, yaitu fungsi main(). Fungsi main() ini adalah fungsi yang pertama kali dijalankan ketika program dieksekusi dan harus ada dalam tiap program. 

Setiap fungsi terdiri dari satu atau lebih pernyataan atau statemen yang bertugas melakukan suatu kegiatan. Blok yang berisi kumpulan pernyataan ini selalu diawali dengan simbol kurung kurawal buka ( { ) dan diakhiri dengan simbol kurung kurawal tutup ( } ).

Bahasa C merupakan bahasa pemrograman terstruktur karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai bagian programnya.

Selain dari fungsi utama, anda dapat menggunakan library tambahan dalam bentuk header file yang berekstensi .h. File header ini harus dituliskan secara eksplisit pada bagian awal dari program sebelum fungsi yang ada di dalamnya dijalankan. Seperti contoh pada materi sebelumnya ketika membuat program 'hello', terdapat baris yang berisi #include <stdio.h>. File header ini berisikan fungsi-fungsi dasar untuk input-output(STDIO = Standard Input-Output) yang akan diproses oleh preprocessor. Setiap statemen selalu diakhiri dengan simbol titik-koma ( ; ).

Gombal dikit, (facebook)
Berikut ini adalah struktur program dalam pemrograman C :
main(){ //fungsi utama
pernyataan1(); 
pernyataan2();
fungsilain(); //menjalankan fungsilain() yang ada dibawahnya
}

fungsilain(){ //fungsi tambahan
pernyataan3();
pernyataaa4();
}

Beberapa Fungsi Dasar

  • main(){}, adalah fungsi utama yang harus ada dalam tiap program. Fungsi ini adalah titik di mana program mulai berjalan dan berakhir. Fungsi main dapat diletakkan di manapun sesuai dengan kesukaan atau kebiasaan dari penulis program, saya biasanya menaruh di atas fungsi-fungsi yang lain.
  • printf(); adalah fungsi utama untuk menampilkan suatu output pada display. Dapat digunakan dengan cara melewatkan beberapa parameter kedalamnya. Dengan sebuah parameter berupa string, fungsi tersebut menghasilkan output sesuai dengan parameter yang diberikan.
Fungsi printf(); parameter pertama dapat diselipkan beberapa karakter kontrol. Karakter kontrol tersebut antara lain :
    • %d, untuk menampilkan bilangan bulat (integer).
    • %f, untuk menampilkan bilangan floating point (pecahan).
    • %c, untuk menampikan sebuah karakter.
    • %s, untuk menampilkan sebuah string.
    • Karakter yang diawali dengan backslash, misalnya \n untuk membuat baris baru.
    Contoh penggunaannya :
    #include <stdio.h>
    
    int main(){
    printf("Angka %dn", 1);
    printf("Anda adalah pengunjung situs %s\n", "ian-techno.blogspot.com");
    printf("Umur saya %f tahun\n", 21.3);
    printf("Nilai saya adalah %c", 'A');
    return 0;
    }

    Membuat Komentar dalam Program

    Untuk membuat komentar dalam program dalam bahasa C adalah dengan cara menambahkan ( /* ) di awal komentar dan ( */ ) di akhir komentar. Untuk komentar yang hanya sebaris, dapat digunakan tanda ( // ).
    Contoh penggunaannya :
    #include <stdio.h>int main(){
    //printf("Angka %dn", 1); ini tidak akan dijalankan
    printf("Anda adalah pengunjung situs %s\n", "ian-techno.blogspot.com");
    /* semua yang ada dalam komentar tidak dilakukan
    printf("Umur saya %f tahun\n", 21.3);
    printf("Nilai saya adalah %c", 'A'); */
    return 0;
    }

    Kesimpulan

    Bahasa C adalah dasar untuk mempelajari lainnya, karena banyak dari bahasa pemrograman yang ada saat ini mengadopsi konsep dari pemrograman C.


    <eof>
    Alfiyan

    0 komentar:

    Post a Comment