Saturday, December 1, 2012

Apa itu Android?

Apa itu android?

Mungkin bagi orang awam, nama itu identik dengan nama robot, ya tidak salah memang, android adalah nama yang di ambil dari nama robot. Tapi apa sebenarnya android itu? kenapa akhir-akhir ini banyak dibicarakan orang?

Langsung saja kita bahas, Android adalah salah satu nama sistem operasi mobile besutan Android inc. dari Open Handset Alliance.

Sistem operasi mobile ini berbasis kernel Linux. Apa itu kernel? nanti coba kita bahas apa itu kernel :D. Seperti software pada umumnya, android ini selalu berkembang dari waktu ke waktu, apalagi menggunakan metode opensource untuk pengembangannya, android ini memiliki lisensi Apache v2 untuk sistem operasinya, sedangkan kernel linux sendiri menggunakan lisensi GNU/GPL.


Sampai tulisan ini dibuat, sedikitnya ada 9 versi Android yang sudah dirilis, yaitu :

  1. Android v1.0 (Mungkin : Astro)
  2. Android v1.1 (Mungkin : Bender)
  3. Android v1.5 (Cupcake)
  4. Android v1.6 (Donut)
  5. Android v2.0/2.1 (Eclair)
  6. Android v2.2 (Frozen Yoghurt)
  7. Android v2.3 (GingerBread)
  8. Android v3.0/3.1 (HoneyComb)
  9. Android v4.0 (Ice Sream Sandwich)
  10. Android v4.1 (Jelly Bean)
Namanya mirip nama-nama makanan ya? Ya memang pengembangan android ini menggunakan nama makanan secara berurutan abjad di tiap-tiap versinya, kecuali A & B. Dari beberapa sumber seperti wikipedia, menyebutkan A adalah Astro, dan B adalah Blender, itu adalah nama robot, namun kemudian google memutuskan untuk mengganti sistem penamaan dari nama robot menjadi nama makanan penutup, menarik juga.

Ya demikian sedikit tentang android, nanti coba kita bahas lebih dalam :)

<eof>
Alfiyan

0 komentar:

Post a Comment