Saturday, December 15, 2012

Backup Data & System via CWM [Tutorial]

Selamat malam, berjumpa lagi dengan saya orang ganteng yang sudah tidak asing lagi dan tak ada duanya :D

Setelah kemarin kita belajar bagaimana meremote slide presentasi dan kenyang download firmware untuk flashing Samsung Galaxy SII, sekarang mari kita belajar bagaimana membuat backup sistem dan data secara penuh :)


Mungkin ada kalanya kita mencoba-coba custom rom baru yang masih asing, ditambah lagi belum tau kekurangan dan kelebihannya. Nah, sebelum nge-flash custom rom baru tersebut, alangkah baiknya kita melakukan backup terhadap sistem yang ada. Sehingga jika kita mengalami kendala dalam menggunakan custom rom tersebut, dengan mudahnya kita bisa merestore ROM yang sudah kita backup sebelumnya.

Salah satu metode yang sering digunakan untuk membackup seisi /system dan /data adalah dengan menggunakan ClockWorkMod based recovery, backupan hasil dari CWM ini disebut NANDroid backup.

Untuk menggunakan CWM recovery ini, tiap HandHeld memiliki CWM recovery yang berbeda, sehingga saya tidak bisa memberikan download link untuk masing-masing HH. silahkan googling atau mencarinya di forum XDA di dalam sub thread device kesayangan anda. :)

Langsung saja pada tutorial :
  1. Masuk ke mode CWM recovery.
  2. Gunakan tombol volume untuk menavigasi atas dan bawah, dan tombol home biasanya untuk memilih.
  3. Masuk ke menu 'backup & restore' dari menu utama.
  4. Pilih backup.
  5. Jika SDcard anda mencukupi untuk melakukan backup, maka proses backup akan dimulai, jika tidak maka akan muncul pesan error.
  6. Tunggu beberapa saat sampai backup selesai.
Untuk melihat hasil backupan kita barusan, silahkan cek di SDcard, dalam folder ClockWorkMod, backup.
Di dalam folder tersebut ada sebuah folder dengan banyak angka (biasanya menunjukkan tanggal dan jam), di dalamnya ada beberapa arsip file dan sebuah file md5 checksum.

Proses backup anda sudah selesai, untuk merestorenya, silahkan masuk kembali ke menu CWM recovery, dan lakukan restore.

Semoga bermanfaat :)

<eof>
Alfiyan

3 comments:

  1. gan...misalnya saya pake stockrom DXKK2 trus saya backup pake CWM...terus saya flashing pake firmware luar sehingga jadi DDKL2 terus saya pake custom rom.Sya ingin balik ke stockrom tapi sya lupa gak backup stokromDDKL2, kalo restore yg DXKK berisiko ga gan ?

    ReplyDelete
  2. Apa kelebihan dr Backup CWM Samsung galaxy Y GT-S5360 ? Mohon pencerahannya. Share via twiter @kicksandystar. Thanks guy's

    ReplyDelete