Saturday, December 8, 2012

Komputer Mini, Bukan RaspBerry-Pi


Gathering saya sore ini (8/12/12) dengan Droider Sidoarjo dan Sidoarjo Linuxer (KPLI Sidoarjo) cukup berarti, belajar tentang sesuatu yang baru dan inovatif yang tak bisa saya rasakan di bangku kuliah.


Beliau adalah Pak Iggy Budiman, seorang Veteran IT Nasional. Beberapa waktu yang lalu beliau mengisi sebuah seminar, tepatnya di Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Surabaya. Pada waktu itu saya tidak bisa hadir karena ada kuliah yang tak mungkin saya tinggalkan. Tetapi sebelumnya saya sudah mengenal beliau dari beberapa pertemuan KPLI Sidoarjo Sebelumnya.
Postingan Pak Iggy beberapa hari yang lalu di Sidoarjo Linuxer
"Pernah dengar Raspberry Pi? Ini hampir sama dengan Rpi itu, tapi ukurannya lebih kecil dan harga cuman 1/3nya.
CPU boardnya yang ijo tuh, harganya nggak sampai 200ribu.
Processor 400 MHz, Ethernet, USB2 (host), Serial, Wifi. 
Bisa jadi wireless web server, tambahin harddisk jadi NAS, kasih webcam 50ribuan jadi Ip Camera, sambungin Arduino bisa jadikan Arduinonya wireless (diakses lewar wifi-hape) atau jadi robot sekalian, jadi proxy & router, kasih USB VGA bisa display di monitor, kasih USB sound card bisa jadi internet radio/ip soundcast., de el el. "

Jujur saja, ini pembahasan yang cukup menarik bagi saya, sekaligus menambah wawasan saya tentang teknologi :D
Bagaimana bisa sebuah kotak bekas kecil bisa menjadi sebuah Linux Box, di tangan orang-orang kreatif semuanya menjadi mungkin, ingat kata Einstein : "Imajinasi lebih penting daripada logika"

Untuk lebih jelasnya, silahkan berkunjung ke blog milik Pak Iggy di sini

Linux Box Pak Iggy sedang beroperasi
@ Pendopo Alun-Alun Sidoarjo, Sabtu 8 Desember 2012
<eof>
Alfiyan

0 komentar:

Post a Comment