Sunday, December 2, 2012

Custom Recovery

Recovery mode adalah mode pada android yang digunakan untuk melakukan aktifitas wipe data, dan instalasi perangkat lunak baru (bagian dari sistem, atau sistem itu sendiri). Pada handheld keluaran samsung, biasanya bisa masuk recovery mode menggunakan kombinasi tombol volume up + home + power. Pada recovery mode Samsung Galaxy Young terdapat 4 pilihan :
  1. Reboot
  2. Wipe data & cache
  3. Wipe cache
  4. Apply update from sdcard
Samsung memang menyediakan recovery mode untuk device keluarannya, tetapi beda halnya dengan Sony. Device Sony tidak memiliki stock recovery sendiri, maka untuk instalasi custom rom harus menggunakan custom recovery, pada SE Xperia X10i menggunakan xRecovery, nanti saya tulis cara menginstall xRecovery pada SE Xperia X10i di lain kesempatan :).

Oke, kembali ke topik, apa itu custom recovery?
Custom recovery adalah recovery mode yang telah di modifikasi oleh pengembangnya. Custom recovery ini lebih kaya fungsi dibandingkan dengan stock recovery. Salah satu keunggulannya adalah, bisa menginstall custom rom dengan mudah menggunakan recovery ini, tidak seperti stock recovery yang sering menolak untuk menginstall custom rom yang ada. Setau saya hal ini terjadi karena signature dalam file flashable zipnya berbeda, atau justru tanpa signature. (mungkin ada pembaca yang mau meluruskan?)
Custom recovery juga berguna untuk melakukan backup & restorasi terhadap sistem yang digunakan secara penuh.

Salah satu custom recovery yang populer adalah ClockWorkMod recovery, yang dikembangkan oleh Koushik Dutta.

Itulah sedikit tentang custom recovery dan penggunaannya di android, semoga bermanfaat.

<eof>
Alfiyan

0 komentar:

Post a Comment