Monday, December 3, 2012

Sedikit Tentang Android Debugging Bridge

Mungkin terkadang handheld yang kita pegang mengalami restart, atau semisal kita adalah pengembang aplikasi, ADB akan sangat berguna untuk mencari titik kegantengan kesalahan pada aplikasi yang dibuat ataupun mengetahui kenapa handheld kita tiba-tiba tidur reboot sendiri.

ADB adalah aplikasi yang digunakan untuk berpacaran berkomunikasi dengan emulasi OS Android yang berjalan di atas DalvikVM.
Sedikit mengutip dari developer.android.com
Android Debug Bridge (adb) is a versatile command line tool that lets you communicate with an emulator instance or connected Android-powered device. It is a client-server program that includes three components:
  • A client, which runs on your development machine. You can invoke a client from a shell by issuing an adb command. Other Android tools such as the ADT plugin and DDMS also create adb clients.
  • A server, which runs as a background process on your development machine. The server manages communication between the client and the adb daemon running on an emulator or device.
  • A daemon, which runs as a background process on each emulator or device instance.

Seperti aplikasi console pada umumnya, ADB mempunyai banyak fungsi. Fungsi yang paling sering digunakan adalah push dan pull. Seperti namanya, push digunakan untuk mendorong suatu file yang ada di host komputer kita kedalam device android, sedangkan pull digunakan untuk menarik suatu file dari dalam device android

ADB tool adalah aplikasi bawaan dari android SDK (Software Development Kit), Android SDK bisa secara lengkap didownload di sini.
Namun saya sudah menyiapkan adbtool tanpa perlu mendownload SDK secara penuh, link akan saya sertakan di bawah :).

ADB pada android device dikendalikan oleh sebuah service bernama APBN ADB Daemon, adbd ini bertugas untuk melayani setiap request debug yang masuk.
Untuk mengaktifkan Android debugging session, cukup aktifkan USB debugging di pengaturan -> aplikasi -> pengembangan -> USB debugging (pada Gingerbread)

Berikut adalah penampakan pengaturan USB debugging pada berbagai device :


Mungkin itu dulu pengenalan tentang ADB, di pembahasan berikutnya akan coba saya jelaskan penggunaan ADB dasar, semoga bermanfaat :)

Download ADB Tool for Windows

<eof>
Alfiyan

1 comment:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Android silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1115/1/11107824.pdf

    ReplyDelete